Kader Kesehatan Dilatih Jurnalistik - FITRA Sukabumi

Kadudampit - Peran warga dalam menggali informasi lalu dipublikasikan (citizen journalism) sangat penting dalam memudahkan masyarakat secara umum mengakses berita. Baik itu dalam bentuk blog pribadi, keroyokan atau bahkan dipublikasikan langsung oleh perusahaan media.
Menyadari besarnya manfaat citizen journalism itu, Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Sukabumi mengadakan pelatihan jurnalistik dan fotografi kepada puluhan kader kesehatan di Yawitra Asri, Kadudampit 12-13 Oktober. Pelatihan ini diikuti kader dari Cibadak, Cicurug, Kadudampit serta sejumlah kecamaan di Kabupaten Sukabumi.
Bagian Program FITRA Sukabumi, Ajat Zatnika mengatakan pelatihan kader kesehatan ini merupakan bagian dari program pendalaman dan perluasan audit sosial kesehatan di Kabupaten Sukabumi yang saaat ini tengah dilaksanakan FITRA Sukabumi. "Harapannya, peserta pelatihan nantinya bisa merekam kegiatan atau fenomena kesehatan diwilayahnya masing-masing dalam bentuk karya jurnalistik. Berupa foto dan narasi," kata ajat.
Ia menambahkan, pemilihan kader kesehatan sebagai peserta pelatihan karena para kader ini yang terlibat langsung dalam pelayanan kesehatan di wilayahnya. Sehingga data yang diperoleh dijamin akurat dan aktual. "Di sisi lain, publik sangat membutuhkan informasi terkait pelayanan kesehatan ini, maka ketika para kader bisa menyajikan informasi dalam bentuk karya jurnalistik tentu kegiatan itu akan lebih mudah terpublikasikan," jelas ajat.
Pelatihan ini menyajikan materi tentang teknik dasra fotografi dan penulisan berita. Salah seorang narasumber dari Harian Radar Sukabumi, Jumaidil Halide, menyambut baik kegiatan yang diadakan FITRA. Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat penting dalam membantu perkembangan citizen journalism di Indonesia, Sukabumi pada khususnya.
"Semakin banyak warga yang bisa menyajikan informasi, semakin memudahkan kita memperoleh informasi," katanya.
Lanjut Jumaidil, terkait keberadaan kader kesehatan di lapangan, ia meyakini jika para kader itu bisa menyajikan informasi dalam bentuk karya jurnalistik maka akan memberikan warna tersendiri bagi dunia jurnalistik di Sukabumi. "Ini yang masyarakat butuhkan. Bukan hanya berita yang dibuat wartawan media cetak atau elektronik, tapi berita karya wargapun bisa dinikmati. Akurasinyapun tidak usah diragukan," Kata Redaktur Pelaksana Radar Sukabumi.


Sumber ini didapat dari : http://radarsukabumi.com/?p=87616

2 komentar:

  1. Fitrasukabumi.org , link nya tidak dapat di akses, padahal saya sangat mendukung adanya lembaga ini. Ditambah lagi seandainya ada konten analisis pribadi mengenai fenomena sosial, kebijakan pemerintah daerah, terkait administrasi publik warga sukabumi. Dengan begitu konten yang ada lebih menarik. Karena memiliki keseimbangan, antara pengawasan dan solusi, tentu nya dalam bahasan yang spesifik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimas Kasih atas sarannya...terkait dengan Website fitrasukabumi.org tidak ada masalah bisa diakses, hanya saja belum terkelola dengan baik.

      Hapus